Apa Saja Fakta Menarik Mainan Lego? Ini Ulasannya

Tidak hanya di Indonesia, mainan Lego juga sangat terkenal di seluruh dunia. Mainan dengan konsep balok blok/bricks ini memang terlihat sederhana, tetapi keseruan menyusun balok warna-warni ini tidak ada habisnya. Ingin tahu apa saja fakta menarik di balik mainan Lego? Simak ulasannya berikut ini.

 

Lego Awalnya Diciptakan Oleh Tukang Kayu di Denmark
Penemu dari mainan Lego adalah seorang tukang kayu dari Denmark bernama Ole Kirk Christiansen. Dari bengkel kayunya lah tercipta permainan yang sekarang mendunia tersebut. Pada tahun 1932, Ole membuat mainan balok dari kayu untuk menggantikan bisnis perabot kayunya yang sepi.


Lego sendiri berasal dari kata “Leg” dan “Godt” yang bila diartikan dalam bahasa Inggris menjadi “play well”. Produk ini masih berbahan kayu sampai pada 1958 menjadi berbahan plastic seperti yang kita kenal sekarang.


Lego Bisa Menjadi Negara dengan Penduduk Terpadat di Dunia
Tahun 2012, Lego Group telah memproduksi sedikitnya 45,7 milyar blok Lego. Jika 40-an milyar blok Lego tersebut dibuat menjadi menara, akan memiliki tinggi 3,844 juta km. ketinggian tersebut sama dengan jarak bumi ke bulan sampai dengan 10 kali.


Sedangkan untuk mini figure Lego sendiri, mulai dikenalkan pada tahun 1975. Mini figure ini awalnya tidak memiliki wajah, tetapi tahun 1978 mulai memiliki variasi wajah dan warna. Sampai saat ini, Lego mini figure sudah mencapai 4 miliar unit, dan jika hidup bisa menjadi negara dengan penduduk terpadat di dunia.


Digelari Toy of Century
Lego, selain sebagai mainan dan hiburan di kala senggang, juga memberikan peran edukatif dalam perkembangan anak. Oleh karena itu, banyak orang tua yang memilih untuk membelikan Lego sebagai mainan mereka dibanding dengan mainan lain.


Lego juga menjadi fenomena global dengan penjualan kuat dan citra merek yang melekat di hati banyak orang di seluruh dunia. Pada tahun 2000, Lego diberi gelar “Toy of Century” mengalahkan pesaing beratnya yaitu Barbie dan Teddy Bear. Gelar ini didapatkan dari British Assosiation Toy Retailers.


Lego dari Tahun 1958 dapat Tersambung dengan Lego Sekarang
Lego diciptakan dengan konsep system universal. Di mana konsep ini memungkinkan semua produk Lego mulai dari 1958 dapat disambungkan dengan baik menggunakan Lego DUPLO dengan yang sekarang. Lego Duplo adalah satu set Lego yang ukurannya 8x lebih kecil dibanding Lego biasa.


Terdapat Lego Senilai 14 Juta Dollar
Lego memang sering diproduksi dengan bentuk atau seri yang unik. Bahkan, ada juga Lego yang dibanderol harga 14 juta Dollar. Hal ini bisa terjadi karena terbuat dari emas 14 karat dengan berat 25,65 gram. Sayangnya, Lego satu ini tidak jual melainkan diberikan untuk pekerja yang sudah 25 tahun mengabdi.


Terjual Laris Setiap Detiknya
seperti yang sudah dijelaskan bahwa Lego mendapatkan gelar “Toy of Century” bukanlah tanpa alasan. Jika Anda melihat penjualannya, Lego merupakan salah satu mainan terlaris sampai saat ini. Bahkan jika dilihat grafiknya, per detiknya Lego bisa menjual sampai dengan 7 set.


Menyusun Lego Bisa Menjadi Pekerjaan
Anda hobby membangun dan mengkreasian Lego? Hobby ini bisa jadi sebuah pekerjaan. Lego bisa secara khusus mempekerjakan Anda sebagai seniman mereka. Salah satu contohnya adalah pematung Sean Kenny yang sangat cinta dengan Lego, sekarang dipekerjakan Lego sebagai staf kreatifnya.
Menarik bukan beberapa fakta mengenai Lego ini. Memang banyak keunikan yang dimiliki oleh mainan terlaris di dunia ini. Lalu, set Lego apa saja yang sudah Anda miliki di rumah?

Postingan terkait: