Inilah 6 Tanda Mau Melahirkan yang Harus Dipahami

Momen persalinan adalah saat yang ditunggu-tunggu untuk segera menimang buah hati. Untuk itu, siapkan semua hal menjelang kelahiran. Persiapan mental ibu hamil adalah yang terpenting. Jika Tanda mau melahirkan sudah dirasakan, maka segeralah bersiap ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan medis. Inilah tanda-tandanya yang harus diketahui.


Merasa Sangat Lelah
Rasa lelah memang lebih terasa selama masa kehamilan. Hal tersebut dikarenakan Anda harus menopang berat tubuh yang semakin bertambah sekaligus berat janin yang terus berkembang. Dengan demikian, tak heran jika Anda mudah merasa lelah saat kandungan sudah membesar, terlebih pada saat mendekati persalinan.

Rasa lelah ini harus disikapi dengan baik. janganlah Anda melakukan aktivitas berat dan berbahaya. Hindari juga kegiatan yang melelahkan. Istirahatlah segera dengan duduk bersandar atau berbaring jika merasa sangat lelah. Jika rasa lelah ini tak tertahankan dan lebih sering dari biasanya, kemungkinan besar waktu melahirkan sudah dekat.

Nyeri pada Punggung
Nyeri di area punggung memang menjadi salah satu tanda kehamilan yang harus dipahami. hal ini sering menyertai ibu hamil yang akan melahirkan. Rasa nyeri ini sama persis seperti nyeri yang dirasakan ketika menstruasi. Saat mengalami nyeri ini, usahakan untuk segera meredakannya dengan duduk bersandar atau berbaring.

Setelah agak reda sakitnya, Anda bisa mengompres menggunakan air hangat pada bagian punggung yang nyeri. Mengonsumsi minuman hangat juga bisa dilakukan agar rasa nyeri segera terobati. Lama kelamaan, rasa nyeri punggung yang dialami akan mereda.

Timbul Kontraksi
Kontraksi merupakan tanda mau melahirkan yang harus diperhatikan. Kontraksi yang timbul menjelang persalinan memang lebih kuat dan berlangsung berulang kali, berbeda dengan kontraksi dini yang hanya berlangsung sebentar saja. Karena itu, Anda harus siap menghadapi kontraksi tersebut saat sudah dekat waktu persalinan.

Usahakan untuk mengontrol pernapasan untuk menahan rasa sakit tersebut. Segeralah ambil posisi duduk yang nyaman atau posisi berbaring dengan bantal di punggung agar terasa nyaman. setelah itu, Anda bisa langsung ke rumah sakit.

Keluar Lendir dari Vagina
Selama masa kehamilan, leher rahim tertutupi lendir kental (mucus) yang fungsinya melindungi janin agar tidak terkena infeksi dari luar. Menjelang waktu melahirkan, serviks akan melebar dan lendir tersebut keluar bercampur darah melalui vagina.

Ketuban Pecah
Tanda-tanda akan melahirkan berikutnya adalah ketuban pecah. Air ketuban mengalir keluar lewat vagina. Air berwarna putih bening ini bisa keluar secara bertahap atau menetes serta ada pula yang mengucur deras.

Pada umumnya, keluarnya air ketuban ini diawali dengan kontraksi. Karenanya, waspadai jika ketuban pecah. Segeralah pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.
Perubahan pada Serviks

Tanda yang terakhir adalah perubahan pada serviks atau leher rahim. Perubahan ini terjadi ketika posisi bayi sudah turun mengarah ke jalan lahir. Dorongan kepala bayi membuat serviks melunak atau elastis, sehingga mampu membuka jalan lahir secara bertahap. Inilah yang disebut dengan proses pembukaan.

Proses ini tentu menandakan sudah dekatnya waktu melahirkan. Proses pembukaan jalan kelahiran ini terjadi beberapa minggu atau beberapa hari sebelum persalinan. Akibat dari semua tekanan oleh bayi, Anda akan merasakan dorongan seperti akan buang air kecil.

Penanganan medis harus segera dipersiapkan untuk menangani ibu hamil setelah mengalami berbagai tanda akan melahirkan seperti di atas. Anda harus memahami berbagai tanda mau melahirkan tersebut agar bisa siap secara mental dalam menghadapinya. Penanganan medis juga bisa segera dilakukan ketika Anda menyadari bahwa waktu melahirkan sudah dekat.

Postingan terkait: